Sabtu, 15 Desember 2007

model pembelajaran

Tahun pelajaran 0708 ini. saya mengubah model pembelajaran dr tahun sebelumnya. mudah mudahan perubahan itu mengarah pada peningkatan dan bermanfaat bagi siswa.

pertama yang berubah adalah tahun ini saya menggunakan note book (lap top). kebetulan ada teman yang butuh uang dan saya butuh note book. keuntungannya adalah bisa membuat program pembelajaran dan persiapan mengajar dimana saja, dan mengurangi dosa pada siswa, yaitu tidak menyuruh siswa mencatat di papan tulis. siswa saya 80% dari ekonomi menengah ke bawah. mereka keberatan untuk membeli atau foto copy bahan ajar.

kedua yang berubah adalah pendekatan mengajar. saya mengajar paket keahlian penjualan. masih kurikulum 1999. dimana saya kebagian mengajar yang mengarah pada administrasi penjualan.
tahun ini saya mengajar menggunakan model pembelajaran mengarah pada " learning by doing" entah apa benar itu namanya.

langkah pertama, siswa membuat sebuah perusahaan dagang eceran tingkat RT lengkap dengan segala aspeknya. tentu saja saya buatkan blangko yang tinggal mengisi dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi dilingkungan rumahnya. atau meniru usaha dagang eceran tetangganya.
setelah perusahaan simulasi sudah dibuat oleh siswa, baru pembelajaran dimulai. mulai dari pembuatan perjanjian jual beli, membuat surat permintaan pembelian, menentukan harga beli, menentukan harga jual, membuat transaksi penjualan, membuat nota penjualan, mengarsip nota, membuat laporan penjualan, membukukan buku kas masuk dan kas keluar.
setelah membahas teori, tugas - tugas untuk latihan siswa berdasarkan perusahaan siswa sendiri.

sedangkan tahun lalu tidak demikian, siswa tidak diharuskan membuat perusahaan sendiri. setiap teori dan tugas latihan siswa, sendiri sendiri. terpotong potong. ketika siswa membuat tugas akhir. kaget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar