Sabtu, 08 Maret 2008

ANUGERAH SMK SBI UNTUK SMKN 1 PANJI SITUBONDO

Allah SWT menganugerahi SMK Negeri 1 Panji Situbondo menjadi SMK SBI. Anugerah ini adalah berkat hasil kerja keras dan doa yang dilakukan keluarga besar SMK Negeri 1 Panji dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan. Peningkatan kepuasan kepada pelanggan berupa peningkatan pelayanan kepada siswa, orang tua siswa, masyarakat sekitar lingkungan SMKN 1 Panji, dunia usaha / dunia industry pemakai lulusan, dinas pendidikan baik kabupaten, propinsi dan pusat.

12 janji kinerja
Diberi anugerah SMK SBI bukan berarti diam dengan kaki selonjor menikmati anugerah yang terhormat, karena tidak semua sekolah dapat anugerah tersebut. Dengan anugerah yang diberikan, SMK Negeri 1 Panji berjanji untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Janji yang sudah terucap dan ditandatangani di tahun 2007 dan dilaksanakan di tahun 2007 terkenal dengan 12 ( dua belas ) janji kinerja. Untuk pelaksanaan janji kinerja didampingi oleh P4TK Seni dan Budaya Yogyakarta, kegiatan pertama dengan diadakan workshop dengan surat nomor 1767/F15.3/PP/2007 tgl. 09 Nopember 2007 tentang pemanggilan peserta Workshop SBI.

Dua belas janji kinerja tersebut adalah 1. Pengembangan SMM - ISO 9001 : 2000; 2. Minimal 4 Pelajaran Produktif menggunakan Bahasa Inggris; 3. Standar Training Workshop; 4. Advance Training Workshop; 5. Teaching Factory; 6. Penataan lingkungan sekolah menjadi Green School; 7. Adanya Orang Asing, ( Komunikasi ); 8. Partner Asing; 9. Lulusan ke Luar Negeri; 10. Score TOEIC lebih besar 400; 11. Program ICT; 12. Sertifikat Internasional ( TUK ).

SMK Negeri 1 Panji bekerja keras untuk melaksanakan SMM ISO 9001 : 2000, dimulai ikrar pada tanggal 06.07.07 dilaksanakan tanggal 07.07.07. audit internal tanggal 26 januari 2008 dan pre audit dari SAI GLOBAL pada tanggal 28 pebruari 2008.

SMK Negeri 1 Panji mengirimkan guru produktif ke P4TK Sawangan Jakarta untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Guru yang bersangkutan diharapkan membantu meningkatkan kemampuan siswa dengan menggunakan bahasa inggris, baik bahasa pengantar maupun modul yang diberikan kepada siswa.

Pengadaan peralatan standar training workshop, advance training workshop dan teaching factory. Dengan peralatan standar diharapkan kemampuan kompetensi siswa standar kebutuhan dudi, dengan peralatan advance training workshop diharapkan kemampuan kompetensi produktif siswa diatas standar kebutuhan dudi, dan dengan peralatan teaching factory kemampuan kompetensi menjual hasil produksi siswa meningkat.

SMK Negeri 1 Panji menata lingkungan sekolah sedemikian rupa sehingga lingkungan menjadi green school. Lomba kebersihan mendapat predikat juara harapan 1 pada tahun 2005. Dan terus menerus menata linkungan seperti merehap ruang toilet siswa, pengaturan kebersihan luar dan dalam ruangan, pengadaan dan membedakan tempat sampah organik dan anorganik, pembangunan taman rekreasi, pengadaan tanaman keindahan dan perindang.

SMK Negeri 1 Panji mendatangkan guru dari Inggris, Cina, Jepang, Arab, Perancis, Jerman, dsb agar kemampuan komunikasi dengan bahasa asing meningkat. Native speaker pada tahun 2007 ini guru bahasa mandarin, untuk tahun berikutnya akan menambah native speaker untuk bahasa asing yang lain.

Institusi pasangan sangat mutlak dibutuhkan SMK Negeri 1 Panji Situbondo, beberapa tahun ini sudah bekerja sama dengan dengan institusi lokal yaitu daerah situbondo, institusi regional dalam propinsi, institusi nasional dan pada tahun terakhir sudah ke luar negeri. Beberapa siswa tempat prakerin ( praktik kerja industri ) di luar negeri dan beberapa alumni sudah bekerja di luar negeri yaitu Malaysia. Kepala sekolah dan beberapa sekolah SBI yang dikoordinir oleh direktorat PSMK pada tahun 2007 menjajagi kemungkinan bekerja sama dengan institusi pasangan di Jepang.

SMK Negeri 1 Panji mempunyai target yang bertahap untuk peningkatan kemampuan siswa komunikasi bahasa inggris, untuk tahun ini target Score TOEIC lebih besar 400 sebesar 10% dari peserta. Pelaksanaan test toeic dilaksanakan pada bulan Februari 2008.

ICT (information communication technology) dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan kompetensi siswa baik untuk dalam proses belajar mengajar maupun sebagai perpustakaan. SMK Negeri 1 panji situbondo merehap dan mengadakan peralatan ict untuk perpustakaan, baik literature berupa buku maupun digital berupa computer dengan terkonek internet. Juga mengadakan ruang SAS ( self acses study ) terdiri dari ruang ber AC, computer, terconek internet, layar lcd dan lcd.

Setifikat internasional diperlukan untuk pengakuan kompetensi siswa apabila bekerja di luar negeri. SMK Negeri 1 Panji mengirimkan guru untuk melaksanakan pendidikan dan pelatihan sehingga menjadi assessor. Dengan Peningkatan kemampuan guru menjadi asesor diharapkan peningkatan kompetensi siswa dan berhak melaksanakan uji kompetensi.

Arti SBI
Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) adalah sekolah nasional yang menyelenggarakan pendidikan berdasarkan standar nasional pendidikan (SNP) dan mutu internasional sehingga lulusannya memiliki mutu/kualitas bertaraf nasional dan internasional sekaligus.

SNP adalah standar nasional pendidikan (SNP) yang terdiri atas 8 komponen utama yaitu: kompetensi lulusan, isi, proses, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, dana, pengelolaan, dan penilaian.

Kualitas bertaraf nasional diukur dengan SNP dan kualitas bertaraf internasional diukur dengan kriteria-kriteria internasional yang dikaji secara seksama melalui perbandingan SNP dengan standar/ kriteria mutu internasional, pertukaran informasi, studi banding, dsb. Jadi, kualitas internasional merupakan kelebihan dari kualitas nasional (SNP), baik berupa penguatan, pendalaman, pengayaan, perluasan maupun penambahan terhadap SNP. Dengan pengertian ini, SBI dapat diformulasikan sebagai berikut:

SBI = SNP + X

Satuan Pendidikan SNP + X

SBI – SD SNP 1, 2, 3
SBI – SMP SNP 1, 2, 3
SBI – SMA SNP 1, 2, 3, 4
SBI – SMK SNP 1, 2, 3, 4

Keterangan:
1 = penguatan, pendalaman, pengayaan, perluasan/dan atau penambahan terhadap SNP
2 = ICT (information communication technology)
3 = Bahasa Asing (Inggris, Cina, Jepang, Arab, Perancis, Jerman, dsb.)
4 = Budaya lintas bangsa
Kepustakaan :
1. Prof. Slamet PH, MA, MEd, MA, MLHR, Ph.D, Kepala sekolah SBI yang professional, 2007, P4TK senibudaya yogjakarta
2. Direktorat PSMK, Panduan SMK SBI

2 komentar:

  1. Saya sangat bangga kepada sekolah kita yg dulu hanya sebuah tegalan..
    saya alumni 1993
    kapan ada reuni... please infonya

    BalasHapus
  2. saya minat sekali sama smkn 1 panji,krn saya mlai dari dulu pingin bgt schl di situ brhbng sya tdk bleh ma ortu ea trpksa saya skrng schl di sman 1 jenggawah

    BalasHapus